IKUTI
Sekilas Info
  • 9 bulan yang lalu / Per 14 Juni 2020, terbitnya aturan “NEW NORMAL”, jumlah peserta rafting dibatasi menjadi 4 orang/kapal. Mohon untuk disesuaikan

Mengenal Liburan yang Berbeda Khas Sungai Elo

Oleh : Rafting Magelang - Kategori : Sungai Elo
31
May 2021

Kabupaten Magelang memberikan berbagai pesona wisata yang beragam, apalagi letak wilayahnya yang berdekatan dengan Kota Yogyakarta membuat beberapa wisata yang ada mudah untuk dikunjungi dan menawarkan berbagai keindahan yang memukau. Hal ini menjadi keuntungan yang besar untuk dinikmati bersama keluarga atau sahabat.

Salah satu tempat wisata yang tidak kalah seru untuk dikunjungi adalah wisata arum jeram di Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah. Karena objek wisata satu ini memberikan destinasi berbeda dibandingkan dengan tempat lainnya. Apabila Anda penasaran dan ingin merasakan sensasi liburan yang unik, mungkin dapat mencobanya secara langsung.

Lokasi Sungai Elo

Jika Anda tertarik untuk mencoba dan menikmati wisata yang berbeda dari yang lainnya, mungkin Anda dapat langsung menuju Kampung Pare, Blondo, Kabupaten Magelang. Lokasi ini berdekatan dengan Candi Borobudur dan Candi Mendut. Lokasi ini terbilang strategis, terutama ketika Anda sedang berada di Yogyakarta dapat dengan mudah mencapai lokasi satu ini.

Apalagi dengan wisata arum jeram yang menawarkan tantangan yang berbeda dibandingkan dengan berwisata pada umumnya. Hal ini menarik untuk dicoba, karena memberikan sensasi dan tantangan tersendiri untuk dinikmati bersama-sama. Untuk Anda yang baru pertama kali mencoba arum jeram, mungkin dapat langsung berkunjung ke Sungai Elo.

Tidak hanya itu saja, selepas melakukan aktivitas melelahkan ini Anda dapat menikmati berbagai wisata yang menakjubkan lainnya. Jika Anda kesana, Anda dapat langsung berkunjung ke Candi Borobudur, Candi Mendut, dan menikmati hamparan alam terbuka lebar di Ketep Pass, tentunya hal ini memberikan pengalaman wisata yang menarik untuk dicoba.

Mengenal Sungai Elo

Aliran sungai ini berasal dari hulu alirannya yang berasal dari Gunung Merbabu, Gunung Ungaran dan Telomoyo. Sehingga Anda akan melihat aliran sungai yang jernih dan tidak begitu keruh, tentunya membuat wisata tersebut lebih nikmat dan berbeda. Apalagi dengan suguhan alamnya yang memukau dan masih terjaga.

Bukan hanya itu, aliran Sungai Elo ini termasuk memiliki arus yang tidak begitu deras dan memberikan sensasi arum jeram yang terbilang relatif aman. Karena cocok untuk Anda yang baru dan ingin memulai merasakan pengalaman yang berbeda. Apalagi aliran sungai ini tidak begitu terpengaruh oleh musim, sehingga kapanpun dapat menikmatinya.

Apabila Anda tertarik untuk merasakan arum jeram dengan jalur yang relatif aman untuk pemula, kami memberikan rekomendasi untuk mencoba wisata satu ini. Karena Anda akan merasakan sensasi liburan yang menantang dan berbeda dibandingkan dengan wisata lainnya yang itu-itu saja.

Menikmati Jeram Sungai Elo

Ketika Anda memutuskan untuk berlibur dan berwisata dengan tempat yang berbeda, sensasi arum jeram di Sungai Elo memberikan pesona yang memukau. Apalagi dengan arusnya yang tidak begitu deras dan berbahaya, tentunya cocok untuk para pemula. Dengan jarak kurang lebih 10 km membuat perjalanan arum jeram dapat ditempuh 2 sampai 3 jam.

Hal ini dapat dikatakan tidak begitu berat dan Anda akan menikmati pesona alam sekitar yang begitu memukau dan sangat menakjubkan. Sehingga rasa takut dan cemas berubah drastis dengan hamparan alam yang hijau yang indah dan tebing yang begitu eksotis. Membuat wisata satu ini menarik untuk dicoba dan dilakukan.

Tentunya ini momen yang tepat untuk Anda pilih dan mencoba suasana liburan baru yang berbeda dari yang lainnya. Mungkin ini pengalaman baru dan membuat perjalanan wisata yang Anda pilih dapat memberikan tantangan yang berbeda. Rasanya Anda dapat mencoba ini secara langsung dan melupakan sejenak aktivitas lainnya.

Cocok Untuk Pemula

Aktivitas arum jeram di Sungai Elo bisa dikatakan aman untuk semua orang, karena tingkatannya masuk dalam skala 1 – 3 yang cocok untuk para pemula. Apalagi untuk Anda yang tidak bisa berenang dapat merasakan sensasi baru dan menegangkan. Namun tetap aman dan bisa menikmati wisata yang berbeda.

Apalagi jika Anda mengajak anak – anak, tempat ini masih terbilang aman. Karena untuk anak Anda yang sudah berumur 8 – 9 tahun sudah dapat mengikuti aktivitas satu ini. Hal ini membuktikan kalau Sungai Elo masih terbilang aman dan tidak begitu berbahaya. Sehingga Anda dapat memilih tempat ini sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dicoba.

Ditambah dengan pemandu yang mempersiapkan semuanya secara jelas, baik dari penjelasan mengenai medan, penggunaan peralatan dan perlengkapan, dan selalu dapat arahan. Membuat perjalanan Anda akan lebih aman dan tidak begitu membahayakan, tentunya ini menjadi destinasi wisata yang wajib untuk dicoba.

Apabila Anda bosan dengan rangkaian wisata yang itu-itu saja, mungkin sekarang saat yang tepat untuk menikmati sensasi lain dengan arum jeram di Sungai Elo. Tentunya Anda dapat mengajak keluarga dan sahabat menikmati pengalaman baru dengan tantangan dan sensasi yang menarik untuk dicoba secara langsung.

Peralatan yang Dibutuhkan

Ketika Anda sudah memutuskan untuk mencoba arum jeram, maka ada beberapa peralatan yang harus dibawa. Berikut ini ada beberapa kebutuhan yang harus diperhatikan dan dibawa selama kegiatan arum jeram, yaitu :

1. Pemilihan Pakaian

Hal utama yang harus dilakukan mengenai pemilihan pakaian, maksimalkan untuk menggunakan pakaian yang water sport. Bisa dikatakan yang anti air dan tidak begitu menyerap air secara cepat. Karena arum jeram di Sungai Elo membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam dan Anda harus memperhitungkannya.

Jika Anda basah kuyup selama waktu itu dan tidak begitu tahan akan dinginnya sungai, lebih baik memilih pakaian yang anti air.

2. Membawa Pakaian Ganti

Selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk tidak melupakan membawa pakaian ganti, karena ini menjadi kebutuhan wajib yang harus disediakan. Sebelum berangkat menikmati aktivitas arum jeram, dari rumah Anda sudah mempersiapkan semuanya secara lengkap dan menyeluruh. Jangan sampai mengabaikannya dan tidak ingin basah-basahan ketika pulang nanti.

3. P3K Pribadi

Beberapa perlengkapan pribadi memang harus diperhatikan, salah satunya dengan membawa P3K pribadi sebagai bentuk antisipasi. Apabila Anda kejadian yang tidak diharuskan, Anda sudah mempersiapkannya secara lengkap. Sehingga tindakan ini sebagai bentuk pencegahan dan jangan berharap hal buruk akan terjadi.

Tetapi kebutuhan diri sendiri memang harus dipersiapkan dan tidak boleh lalai dalam mempersiapkannya.

4. Kebutuhan Sunblock

Kegiatan ini menjadi alternatif yang ingin dibawa atau tidak, karena berdasarkan kebutuhan yang diinginkan. Apabila Anda tidak ingin merasakan sensasi kulit terbakar dari teriknya matahari, mungkin dapat mengantisipasinya dengan menggunakan sunblock. Dengan begitu membuat wisata arum jeram terasa nikmat.

Hal ini perlu diperhatikan agar Anda tetap nyaman dalam berwisata, meskipun melewati berbagai tantangan yang memukau.

 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai pariwisata arum jeram di Sungai Elo yang dapat Anda coba dan nikmati secara langsung. Ajak keluarga besar dan sahabat Anda untuk menikmati liburan dengan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan lainnya.

0 Komentar

Peta Lokasi

Kontak Kami

Kantor Pusat Rafting Magelang:

Kompas Adv, Paren, Progowati, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah

Telp/wa. 081 286 19 29 29

instagram : @raftingmagelang

 

Kantor Perwakilan Rafting Magelang:

Jl. Mayor Kusen, Pabelan Satu, Pabelan

Mungkid, Magelang, Jawa Tengah 56512

Telp/wa : 087 888 787 567

 

Website: www.raftingmagelang.com

info rafting di magelang, info arung jeram sungai elo di magelang